Big Data Hadirkan Terobosan Hadapi Ledakan Data

23 August 2016 oleh Marketing Udata


Pengguna internet di Indonesia terus tumbuh pesat bahkan mengalami peningkat hingga 50 kali lipat sejak tahun 2000. Hal tersebut tidak terlepas dari revolusi teknologi smartphone yang dialami Indonesia selama 4 tahun terakhir. Pasalnya, hampir semua aktivitas kini bisa dilakukan hanya dengan smartphone dalam genggaman tangan secara online dan realtime.  Dimulai dari kemudahan yang bisa dinikmati setiap saat, hingga memanfaatkannya untuk analisis bisnis. Perkembangan teknologi tersebut sangat mempengaruhi jumlah data yang terus bertambah.

Ledakan data inilah yang menjadi pemicu lahirnya teknologi Big Data. Isitlah Big Data dapat diartikan data yang berukuran raksasa dimana jumlahnya besar (Volume) dengan keberagaman tinggi (Variety), dan memiliki pertambahan yang cepat (Velocity).

Selain itu, Big Data tidak hanya terdiri dari data terstruktur seperti halnya data angka maupun deretan huruf, tetapi juga data multimedia seperti teks, data audio dan video yang dikenal dengan istilah tidak terstruktur. Beragam jenis data yang dicakup Big Data inilah yang dijadikan patokan untuk membedakan Big Data dengan pengolahan data pada umumnya. Dampaknya, analisa data oleh individu maupun organisasi mengalami peningkatan yang sangat signifikan sehingga metode dan tools tradisional yang digunakan tidak mampu memproses data yang ada.  

Dalam memudahkan perusahaan dalam mengolah datanya, Big Data memerlukan beberapa tahapan. Pada tahap awal difokuskan pada bagaimana data-data yang berasal dari konsumen, vendor, stakeholder, dan lainnya tersebut diolah. Meskipun data sudah diproses dan diolah, akan tetapi data tersebut belum bisa digunakan dalam mengambil keputusan karena harus dideskripsikan terlebih dahulu untuk memilah antara data penting dan data junk. Dengan demikian para ahli mengetahui data-data yang perlu dilaporkan ke pihak perusahaan

Teknologi yang berhubungan dengan Big Data tentu akan memudahkan proses pengumpulan data-data. Penggunaan Big Data yang telah diproses secara analisis memungkinkan menciptakan nilai informasi yang berguna bagi penggunanya sehingga dapat memecahkan  masalah dan menemukan solusi. Teknologi analisis Big Data sendiri memberikan solusi bagi bisnis untuk mendapatkan hasil analisis dengan segera bahkan real-time. Sehingga dalam penggunaannya, Big Data mampu memberikan keunggulan bagi pelaku bisnis.


|Bigdata  |definisi  |perkenalan